Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Usada Bali
Author
Pratiwi, Ni Made Asri Dwi
Subject
R Medicine (General)
Datestamp
2023-02-23 00:48:10
Abstract :
melalui kesehatan setiap individu dapat melaksanakan aktivitas secara produktif.
Salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan kesehatan tersebut yaitu dengan
adanya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Namun tingkat
kepuasan pengguna BPJS Kesehatan mengalami penurunan. Saat ini masyarakat
pengguna BPJS Kesehatan masih mengeluhkan adanya pelayanan yang kurang
efektif. Hal tersebut berpengaruh pada kepuasan pasien. Salah satu upaya untuk
mengantisipasi keadaan tersebut, yaitu dengan meningkatkan mutu pelayanan di
rumah sakit terutama pada rawat inap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS
Kesehatan di Ruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit X Denpasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode
deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Uji statistik yang
digunakan adalah Spearman Rank. Jumlah sampel 88 orang dipilih melalui
teknik purposive sampling menggunakan kriteria inklusi dan ekslusi. Instrumen
yang digunakan adalah kuesioner mutu pelayanan dan kuesioner kepuasan
pasien yang dianalisis menggunakan uji univariat dan bivariat.
Hasil uji statistik univariat diperoleh mutu pelayanan berada pada cukup
baik 54 (61,4%) dan kepuasan pasien berada pada cukup puas 67 (76,1%). Uji
statistik bivariat diperoleh p value 0,0001 <0,05 maka artinya ada hubungan
mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS
Kesehatan di Ruang Rawat Inap Kelas III RS X Denpasar. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut, disarankan agar kedepannya pihak pelayanan kesehatan
mempertahankan mutu pelayanan keperawatan, sehingga tujuan dari institusi
dalam hal kepuasan pasien mampu tercapai.