Abstract :
Inovasi produk perbankan yang dilakukan sesuai dengan perkembangan zaman
dengan memanfaatkan perkembangan teknologi internet merupakan langkah yang
ditempuh bank dalam pelayanan transaksi yang efektif dan efisien serta untuk
membantu program pemerintah yaitu Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk perbankan
terhadap profitabilitas bank yang menerapkan layanan internet banking periode
2014-2020. Dari objek penelitian diperoleh 6 sampel penelitian dengan
menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria penerbitan data yang
lengkap terkait variabel yang digunakan yaitu mobile banking, internet banking,
jumlah mesin EDC yang didistribusikan perusahaan, jumlah ATM dan jumlah
mesin yang digunakan. jumlah kantor cabang yang dimiliki bank.
Variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini untuk menjelaskan
profitabilitas adalah Return on Asset (ROA) dan Return on Equity (ROE).
Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Penelitian ini
menunjukkan bahwa jumlah ATM pada jumlah kantor cabang berpengaruh positif
signifikan terhadap return on asset tetapi tidak berpengaruh terhadap return on
equity. Kemudian, mobile banking berpengaruh negatif dan signifikan terhadap
return on equity tetapi tidak berpengaruh terhadap return on asset.
Kata Kunci: Profitabilitas, Mobile Banking, Internet Banking, Mesin EDC, ATM,
Less cash society