Institusion
Institut Seni Indonesia Surakarta
Author
Andriyana, Ariel Putri Banyu
Subject
Desain Komunikasi Visual
Datestamp
2024-07-02 03:03:43
Abstract :
Milo memiliki beragam iklan dengan tema olahraga yang berguna untuk
memposisikan produknya di benak konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis dan mendeskripsikan pesan yang disampaikan melalui kacamata
retorika visual dalam iklan televisi Milo versi ?Sehat & Aktif dari Rumah Bareng
MILO Sambut Hari Olahraga Nasional? Edisi Tahun 2021. Iklan ini menarik untuk
diteliti menggunakan teori retorika visual Sonja K. Foss (2004) karena setiap
adegan dalam iklan ini memenuhi tiga karakteristik retorika visual, yaitu symbolic
action, human intervention, dan presence of audience. Fokus penelitian adalah
pesan tersirat dan penggunaan elemen retorika visual oleh Milo. Teori retorika
visual Sonja K. Foss yang melibatkan nature of image, function of image, dan
evaluation of image menjadi landasan dalam penelitian ini dengan pendekatan
kualitatif deskriptif. Iklan tersebut akan diuraikan berdasarkan scene, time code,
visual, dan audionya untuk mempermudah proses analisis. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa iklan ini menggambarkan dampak sosial budaya pandemi
Covid-19 pada kehidupan sehari-hari, sementara pesan utamanya menekankan
pentingnya berlatih dan berolahraga dalam keterbatasan ruang dan fasilitas.
Langkah kecil yang konsisten akan menghasilkan sesuatu yang besar. Iklan ini
menekankan peran ibu atau orang tua dalam mendukung anak-anak dalam
mencapai prestasi mereka. Iklan ini merupakan media penyampai pesan brand Milo
kepada audiens melalui nature of image , function of image , dan function of image