Institusion
Akademi Farmasi Putera Indonesia Malang
Author
Lestari, Erwinda Dwi
Solandjari, Wigang
Subject
AP Aspek Kedokteran Umum
Datestamp
2019-12-05 08:53:03
Abstract :
Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di masyarakat. Puskesmas memiliki
pelayanan kefarmasian yang harus bermutu agar masyarakat terjamin kesehatannya. Faktor yang
dapat mengevaluasi mutu dari pelayanan kefarmasian di puskesmas adalah tingkat kepuasan
pasien. Terdapat lima dimensi yang harus diperhatikan dalam pengukuran tingkat kepuasan yaitu
dimensi Kehandalan (Reliability), Ketanggapan (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati
(Emphaty) dan Penampilan (Tangible). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan
pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Polowijen Kota Malang.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dan menggunakan sampel sebanyak 100 responden.
Hasil penelitian berdasarkan dimensi Kehandalan (Reliability) dikategorikan sangat puas dengan
nilai prosentase 70,00%, dimensi Ketanggapan (Responsiveness) dikategorikan puas dengan nilai
presentase 68,18%, dimensi Jaminan (Assurance) dikategorikan puas dengan nilai presentase
69,00%, dimensi Empati (Emphaty) dikategorikan puas dengan nilai presentase 68,03%, serta
dimensi Penampilan (Tangible) dikategorikan puas dengan nilai presentase 68,18%. Sehingga
tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Polowijen
dikategorikan Puas dengan nilai rata-rata 68,68%.
Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas dan Rawat Jalan.