Institusion
Akademi Farmasi Putera Indonesia Malang
Author
Rohmah, Ulfa Fathu
Kurniawan, Tri Danang
Subject
BG Ilmu Farmasi
Datestamp
2019-12-17 03:07:50
Abstract :
Klinik Utama Annisaa merupakan klinik kesehatan rawat jalan dan rawat inap yang melayani pasien
kandungan, anak dan persalinan. Salah satu pelayanan yang diberikan oleh Klinik Utama Annisaa
melalui Instalasi Farmasi adalah pelayanan kefarmasian. Evaluasi mutu pelayanan perlu sekali
dilakukan sebagai peningkatan mutu pelayanan kesehatan. Kualitas pelayanan sangat berpengaruh
pada kepuasan pasien. Tingkat kepuasan pasien merupakan salah satu indikator yang digunakan untuk
mengevaluasi pelayanan kefarmasian. Evaluasi kepuasan pasien pada pelayanan kefarmasian belum
pernah dilakukan oleh Klinik Utama Annisaa. Tolak ukur kepuasan terdiri dari lima dimensi yaitu
kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati, bukti fisik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
tingkat kepuasan pasien rawat jalan pada pelayanan kefarmasian di Klinik Utama Annisaa Blitar.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dengan menggunakan
kuesioner sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pasien rawat
jalan pada pelayanan kefarmasian di Klinik Utama Annisaa Blitar pada dimensi Kehandalan sebesar
80%, dimensi Daya Tanggap sebesar 81%, dimensi Jaminan sebesar 82%, dimensi Empati sebesar
79% dan pada dimensi Bukti Fisik sebesar 78%. Berdasarkan hasil penelitian tingkat kepuasan dari
kelima dimensi diperoleh nilai akhir yaitu 80%, menunjukkan bahwa pasien rawat jalan merasa puas
dengan kualitas pelayanan kefarmasian yang diberikan.
Kata Kunci : Klinik Utama Annisaa, Pelayanan Kefarmasian, Kepuasan, Pasien Rawat Jalan