DETAIL DOCUMENT
Penanganan Guest Complaint oleh Waiter pada The Cafe Restaurant di Hotel The Mulia, Mulia Resort & Villas Nusa Dua, Bali
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Negeri Bali
Author
Yanti, Ni Putu Wangi Trisna
Murni, Ni Gst Nym Suci
Rahayu, Ni Made Yeni Dwi
Subject
Ilmu Sosial 
Datestamp
2023-09-13 03:57:39 
Abstract :
Manusia sebagai makhluk sosial, yang artinya dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak dapat hidup sendiri atau mencukupi kebutuhannya sendiri. Meskipun mempunyai kedudukan dan kekayaan, manusia selalu membutuhkan manusia lain. Hal ini merupakan suatu peluang atau kesempatan yang dimanfaatkan oleh pelaku industri pelayanan jasa seperti restoran dan hotel. Kebutuhan tamu yang dilayani akan terpenuhi dan pihak pengelola jasa mendapat imbalan atas pelayanan yang telah diberikan. Faktanya, proses pelayanan tidak selalu berjalan sesuai harapan. Complaint timbul pada saat tamu merasa tidak puas atas pelayanan maupun makan dan minuman yang dihidangkan. Kunjungan tamu yang tinggi berpotensi akan complaint. Sebagai seorang waiter harus dapat memberikan solusi dengan cara yang sebaik mungkin untuk mengatasi berbagai keluhan tersebut. Penanganan complaint tidak bisa dilakukan sembarangan. Seorang waiter perlu mengatur strategi atau cara yang tepat sesuai dengan jenis permasalahan yang tamu hadapi. 
Institution Info

Politeknik Negeri Bali