Institusion
Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
Author
FARHAN HANIF, MUHAMMAD
Subject
TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Datestamp
2024-08-08 07:23:28
Abstract :
Teknologi semakin berkembang pesat dan telah mempengaruhi banyak aspek
kehidupan saat ini. Teknologi semakin sering digunakan dan bahasa yang paling
sering dimanfaatkan yaitu bahasa Inggris. Tidar English Course menyediakan
bimbingan belajar untuk bahasa Inggirs, namun peserta Tidar kelas 7 dan 8
mengalami kesulitan dalam mempelajari dan menghafal kosakata bahasa inggris.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibuatkan sebuah aplikasi untuk
membantu peserta Tidar kelas 7 dan 8 dalam mempelajari kosakata dengan
media game edukasi. Pembelajaran akan dikemas kedalam permainan teka-teki
silang sehingga dapat melatih kosakata mereka dengan cara mencari jawaban
yang tepat pada kotak teka-teki silang yang telah disediakan. Adapun metode
pengembangan pada penelitian ini yaitu menggunakan Game Development Life
Cycle (GDLC), dan metode pengujian menggunakan User Acceptance Test
(UAT). Lalu untuk pengujian sistem pada penelitian ini dengan menggunakan
black box testing. Pengujian User Acceptance Test (UAT) yang diserahkan
kepada guru mendapatkan hasil 100% peserta Tidar kelas 7 sebesar 82,44% dan
peserta Tidar kelas 8 sebesar 84,22%. Dapat disimpulkan bahwa hasil dari ketiga
User Acceptance Test (UAT) tersebut mendapatkan kriteria ?Sangat Layak?.
Kata kunci: Game Edukasi, Android, Pembelajaran Bahasa Inggris, Teka-teki
Silang