Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap
keputusan pembelian pada cilupbah shop palembang. Penelitian ini dilakukan dengan
adanya kenyataan di cilupbah shop palembang dalam beberapa bulan telah terjadi
penurunan penjualan produk pakaian cilupbah shop palembang.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability
sampling tepatnya accidental sampling Penentuan sampel menggunakan rumus populasi
tidak diketahui atau formula lemeshow dan didapatkan hasil sebesar 96 responden.
Hasil pengujian secara simultan dengan menggunakan uji F, nilai fhitung sebesar
34,111 setelah itu dibandingkan dengan nilai ftabel sebesar 3,09 maka dengan signifikan
sebesar 0,05 jadi dapat disimpulkan bahwa fhitung > ftabel (34,111 > 3,09) dengan sig f 0,00
< 0,05 ini bearti bahwa variabel indenpenden harga (X1) dan promosi (X2) secara
bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan
menggunakan model regresi linier berganda layak sebagai model penelitian.Selanjutnya
dengan menggunakan uji t niali harga yang didapatkan thitung 0,624 < ttabel 1,661
menunjukkan bahwa harga tidak berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan
pembelian, sedangkan niali promosi yang didapatkan thitung 7,926 > ttabel 1,661 maka
promosi berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian.variabel indenpenden
yang dominan terhadap keputusan pembelian adalah promosi. Sebaiknya produsen
cilupbah shop memberikan harga semua produk standar dengan harga yang ada di toko
lainnnya.