Abstract :
Target Costing adalah selisih antara harga jual yang diperlukan untuk
mengejar peluang pasar (Market share) yang dikehendaki dan keuntungan yang
diinginkan oleh perusahaan. Apabila target biaya lebih kecil dibanding dengan
biaya yang dikeluarkan selama satu periode, maka manajemen anggaran berusaha
untuk mengarahkan biaya akrualnya mendekati target biaya atau manajemen
harus menghilangkan biaya yang diangggap tidak penting dan tidak berpengaruh
terhadap produksi produk tersebut
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perhitungan target
costing produksi Smart Card yang sedang diujikan oleh PNRI, dan untuk
mengetahui apakah Penerapan Target Costing pada produksi Smart Card di PNRI
layak untuk diterapkan dan mengetahui kelebihan serta kekurangan dari sistem
target costing bila diterapkan di PNRI.
Dari hasil analisis yang dilakukan adalah Penerapan Target Costing
pada produk Smart Card di PNRI, menunjukan bahwa total biaya perusahaan
dengan mengunakan metode target costing yaitu sebesar Rp. 68.028.001.050,-
atau Rp. 18.897,- / kartu. Penerapan Target Costing pada produksi Smart Card
yang akan dilakukan PNRI menunjukan lebih efisiensi jika dibandingkan
dengan metode yang selama ini digunakan perusahaan.