Abstract :
Di era globalisasi seperti saat ini, penilaian kinerja tradisional yang
berdasarkan perspektif keuangan saja dirasa tidak cukup lagi untuk
mencerminkan kinerja perusahaan sesungguhnya. Sehingga dikembangkan
konsep balanced scorecard yang mengukur kinerja perusahaan dari empat
perspektif, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses
bisnis internal, serta perspektif proses pembelajran dan pertumbuhan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja perusahaan PT. Indosat, Tbk.
diukur dengan menggunakan balanced scorecard.
Strategi penelitian yang digunakan adalah deskriptif, sedangkan metode
penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah laporan tahunan PT. Indosat, Tbk. dari tahun 2088-2012,
serta kuesioner yang diisi oleh 30 responden dari pelanggan dan karyawan
Indosat.
Sesuai hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dari pengukuran
empat perspektif dalam balanced scorecard hanya perspektif keuangan yang
dapat dikatakan kurang baik, karena selama tahun 2008-2012 hasil perhitungan
ROE dan ROI selalu menurun. Sedangkan hasil penilaian kinerja secara
keseluruhan, PT. Indosat, Tbk. dapat dikatakan cukup baik, karena setelah hasil
masing-masing perspektif diberi skor, rata-ratanya adalah sebesar 0,5. Hal itu
menunjukkan bahwa kinerja PT. Indosat Tbk. diukur dengan menggunakan
balanced scorecard terdapat pada skala cukup, yaitu antara 0 sampai 1