Abstract :
Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa erat
hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen dengan loyalitas
konsumen pada Rumah Sakit Islam Cempaka Putih Jakarta Pusat. Strategi
penelitian yang digunakan adalah strategi asosiatif. Metode penelitian yang akan
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survey. Populasi umum dalam
penelitian ini adalah seluruh konsumen pada Rumah Sakit Islam Cempaka Putih
Jakarta Pusat. Adapun populasi sasaran dalam penelitian ini sebanyak 300
konsumen Rumah Sakit Islam Cempaka Putih Jakarta Pusat. Sampel dalam
penelitian ini sebanyak 75 orang responden. Alat analisis yang digunakan adalah
analisis koefisien korelasi parsial dan berganda serta uji hipotesis secara parsial dan
berganda.
Hasil penelitian diperoleh nilai korelasi parsial X1 terhadap Y sebesar 0,496,
yang berarti hubungan kualitas pelayanan dengan loyalitas konsumen, (dengan
asumsi kepuasan konsumen konstan) adalah kuat. Nilai korelasi parsial X2 terhadap
Y sebesar 0,385, yang berarti hubungan kepuasan konsumen dengan loyalitas
konsumen (dengan asumsi kualitas pelayanan konstan) adalah lemah. Nilai
koefisien korelasi berganda sebesar 0,707, menunjukkan hubungan antara kualitas
pelayanan dan kepuasan konsumen dengan loyalitas konsumen adalah kuat. Nilai
korelasi parsial dan simultan bersifat positif atau searah, dalam arti jika pelayanan
dapat diberikan dengan baik dan konsumen merasakan kepuasan, maka loyalitas
konsumen akan meningkat, dan sebaliknya jika pelayanan tidak diberikan dengan
baik dan konsumen tidak merasakan kepuasan, maka loyalitas konsumen akan
menurun. Uji hipotesis secara parsial dan simultan variabel kualitas pelayanan dan
kepuasan konsumen dengan loyalitas konsumen, penelitian menolak Ho atau
menerima Ha maka secara parsial dan simultan terdapat hubungan positif yang
signifikan variabel kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen dengan loyalitas
konsumen.