Abstract :
Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui hubungan tingkat
pelayanan dengan kepuasan pelanggan, untuk mengetahui hubungan kualitas
produk dengan kepuasan pelanggan dan untuk mengetahui seberapa kuat
hubungan tingkat pelayanan dan kualitas produk dengan kepuasan pelanggan.
Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian survey yang menitikberatkan pada analisis kuantitatif. Penelitian survey
merupakan penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi menggunakan
kuesioner sebagai alat pengumpulan datanya.
Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan
positif dan signifikan antara tingkat pelayanan dengan kepuasan pelanggan adalah
0,448 termasuk dalam kategori sedang, dalam arti jika tingkat pelayanan itu baik,
maka kepuasan pelanggan akan meningkat, dan sebaliknya. Terdapat hubungan
positif dan signifikan antara kualitas produk dengan kepuasan pelanggan adalah
0,247 termasuk dalam kategori lemah, dalam arti jika kualitas produk itu baik,
maka kepuasan pelanggan akan meningkat, dan sebaliknya. Terdapat hubungan
positif dan signifikan antara tingkat pelayanan (X1), kualitas produk (X2), dengan
kepuasan pelanggan (Y) adalah 0,449 termasuk dalam kategori sedang, dalam arti
secara bersama-sama jika tingkat pelayanan dan kualitas produk itu baik, maka
kepuasan pelanggan akan meningkat, dan sebaliknya.