Abstract :
Perusahaan akan menjadikan pelanggan sebagai fokus perhatian dalam bisnisnya,
yaitu dengan cara meningkatkan kualitas produk, kualitas pelayanan, kebijakan
pemasaran sehingga memiliki keunggulan bersaing terhadap produk yang lain.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis reliabilitas, daya
tanggap, jaminan, empati, bukti fisik, persepsi harga dan kualitas produk
berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan rumah
makan. Penelitian ini juga untuk mengetahui variabel yang memiliki pengaruh
dominan terhadap kepuasan pelanggan rumah makan Pawon Bromo Kabupaten
Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory
research. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan
pembelian di Pawon Bromo Kabupaten Malang, dengan teknik pengambilan
sampel adalah judgmental sampling maka ditentukan jumlah sampel sebanyak
100 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis
regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reliabilitas, daya
tanggap, jaminan, empati, bukti fisik, persepsi harga dan kualitas produk
berpengaruh secara parsial dan simultan memiliki pengaruh terhadap kepuasan
pelanggan rumah makan Pawon Bromo Kabupaten Malang. Kualitas produk
memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan rumah makan Pawon
Bromo Kabupaten Malang.