Abstract :
Penelitian tentang segmentasi pasar bukanlah yang pertama dituliskan
dalam penelitian ini. Segmentasi, targeting, serta positioning (STP) selalu menjadi
unsur penting dalam strategi pemasaran sehingga banyak penelitian terdahulu
ang menggunakan pembahasan ini untuk penelitin. Dalam dunia pemasaran,
target dan pemetaan calon konsumen adalah hal penting untuk dapat
memaksimalkan tujuan akhir dari pihak yang melakukan pemasaran. Melalui era
revolusi, muncul banyaknya produk yang disegmentasikan serta melakukan target
pasar secara digital. Perkembangan zaman akan selalu mempengaruhi
berkembangnya sistem penerapan segmentasi pasar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah fenomena
digital marketing efektif untuk diterapkan bagi perusahaan jasa pendidikan dalam
melakukan pentargetan pasar serta pemetaan segmentasi calon konsumen. Dengan
menggunakan teknik wawancara langsung terhadap sejumlah responden,
penelitian ini diharapkan dapat memberikan bukti positif yang hasilnya dapat
diterapkan untuk melakukan pembaruan strategi segmentasi pasar dengan
menyesuaikan keadaaan terhadap zaman yang akan selalu berkembang.