Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Author
SETIAWAN WONGSO, ANTONIUS
Subject
Strategi Perusahaan
Datestamp
2021-05-25 03:26:43
Abstract :
Pertumbuhan perkenomian suatu negara adalah tidak selalu stabil dan hal tersebut
dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Untuk dapat bertahan dalam situasi
perekonomian yang kurang stabil, maka setiap perusahaan memerlukan suatu model
bisnis yang kuat dan tepat. Model bisnis berperan sebagai dasar pijakan yang
menggambarkan setiap aspek usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan
merumuskan pengembangan model bisnis terhadap Toserba ABM, yang merupakan
salah satu unit bisnis yang dimiliki oleh yayasan pendiri kampus STIE
Malangkucecwara (yayasan P3M) dengan menggunakan Business Model Canvas
sebagai alat untuk mengidentifikasi. Business Model Canvas memiliki sembilan
elemen yaitu customer segments, value propositions, channels, customer relationships,
revenue streams, key resources, key activities, key partnerships, dan cost structure.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan
pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Hasil penelitian ini berupa
gambaran 9 elemen pada current business model canvas dan perumusan
pengembangan model bisnis berupa gambar 9 elemen new business model canvas.