Abstract :
Hal yang menjadi fokus penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja PT.
FASTRATA BUANA CABANG PASURUAN dengan metode Balanced
Scorecard sebagai alat ukur penilaian kinerja, yang mencakup empat perspektif
yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal,
perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Jumlah sampel spenelitian adalah 50
orang karyawan dan 100 orang pelanggan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis rasio keuangan (Net Profit Margin,
Return on Insssvestment, dan Total Asset Turn Over) untuk Perspektif Keuangan,
Perspektif Pelanggan (Retensi Pelanggan, Akuisisi Pelanggan dan Kepuasan
Pelanggan), Perspektif Proses Bisnis Internal (Proses Operasional dan Proses
Inovasi) dan Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran (Retensi Karyawan,
Produktivitas Karyawan, dan Kepuasan Karyawan). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kinerja PT. FASTRATA BUANA CABANG PASURUAN memiliki
pencapaian rata-rata score akhir Balanced Scorecard pada tahun 2015 sampai
dengan tahun 2017 mencapai pada level 4,09 yang berarti termasuk dalam kriteria
baik karena kinerja telah sesuai dengan target perusahaan yang diharapkan.