Abstract :
Memiliki daya saing yang kuat akan membuat usaha kecil tetap bertahan di era
seperti sekarang. Dengan karakteristik wirausaha yang baik, dapat membantu
meningkatkan daya saing melalui strategi pemasaran yang tepat. Pelaku usaha yang
adaptif, proaktif akan lebih mudah dalam menyusun sebuah strategi pemasaran
yang tepat untuk memaksimalkan kinerja pemasaran dan memenangkan sebuah
persaingan. Sehingga, strategi pemasaran memiliki peran sebagai mediator antara
karakteristik wirausaha terhadap daya saing.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Karakteristik Wirausaha
Terhadap Daya Saing Dimediasi Oleh Strategi Pemasaran. Metode penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data berasal dari sumber primer dan
sekunder. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Partial Least
Square (PLS).
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh langsung variabel karakteristik
wirausaha terhadap variabel daya saing pada home industry di Turen. Variabel
strategi pemasaran berpengaruh terhadap daya saing dan variabel strategi
pemasaran dapat memediasi pengaruh karakteristik wirausaha terhadap daya saing
pada home industry di Turen