Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Author
NURHIDAYAT, DAMAI KHOIRUL
Subject
Loyalitas Konsumen
Datestamp
2021-12-27 04:06:58
Abstract :
Penelitian Ini Bertujuan untuk mengetahui: (1) Marketing Mix Berpengaruh yang
meliputi variabel Produk, harga, distribusi dan promosi terhadap Loyalitas
pelanggan; (2) Brand Image berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Jenis
penelitian ini adalah kausalitas dan diskriptif dengan pendekatan kuantitatif non
kasus. Populasi dari penelitian ini adalah para Pelanggan yang mengkonsumsi
varian makanan beku PT. Belfoods. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian
ini sebanyak 120 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik
Purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen (uji
validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik, analisis jalur (path analysis), dan
pengujian hipotesis.
Bedasakan analisis data yang telah dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut: (1)
Marketing Mix berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan; (2) Brand Image
berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Semua data dinyatakan valid dan
reliabel serta hasil uji asumsi klasik semua menyatakan bahwa penelitian ini tidak
bermasalah.
Simpulan dari penelitian ini adalah Marketing Mix Belfoods tergolong dalam
kategori berkualitas, Brand Image Belfoods termasuk kategori baik serta loyalitas
pelanggan Belfoods tergolong cukup loyal. Saran yang diberikan bedasarkan hasil
penelitian adalah variabel Marketing Mix dan Brand Image pada produk Belfoods
mampu meyakinkan konsumen untuk loyal menggunakan produk Belfoods.