Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Author
Putri, Karenina Rahma Lesmana
Subject
Keputusan Pembelian
Datestamp
2024-05-28 08:45:52
Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis efektivitas content marketing TikTok dan
gratis ongkir terhadap minat beli pada Shopee. Hasil penelitian ini diharapkan dapa
memberikan kontribusi dan manfaat bagi pelaku usaha, terutama pihak e-commerce
Shopee sehingga mereka dapat mengembangkan kinerja bisnis mereka. Kategor
penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausalitas. Objek dalam penelitian ini
adalah Mahasiswa STIE Malangkucecwara yang merupakan pengguna e-commerce
Shopee. Dalam penelitian ini digunakan data primer yang diperoleh melalui
distribusi kuesioner kepada responden. Metode pengambilan sampel adalah non-
probability sampling melalui teknik purposive sampling. Penelitian ini melibatkan
72 responden. Menggunakan pendekatan alat analisis dengan metode PLS
menggunakan software SmartPLS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
content marketing TikTok memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap mina
beli pada Shopee, gratis ongkir memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
minat beli pada Shopee, dan gratis ongkir adalah variabel independen tertinggi yang
mempengaruhi variabel dependen (minat beli pada Shopee).