Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Dewantara
Author
Desy Restuning Rahayu (STUDENT ID : )
(LECTURER ID : 0726117102)
Subject
H Social Sciences (General)
Datestamp
2022-12-28 10:31:45
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh EWOM (Electronic
Word Of Mouth) dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian
konsumen online shop DRRShopJombang. Metode penelitian dilakukan dengan
metode survei yaitu dengan menyebarkan angket. Populasi penelitian adalah
konsumen DRRShopJombang yang datanya sudah terkontak dengan jumlah
sampel 110 orang. Metode yang digunakan dalam penarikan sampel ini adalah
teknik acak sederhana (simple random sampling). Uji instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis
data pada penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa EWOM (Electronic Word Of
Mouth) dan kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian. Uji asumsi yang didapat yaitu data berdistribusi normal,
tidak ada multikolinearitas antar variabel bebas dalam regresi, dan tidak terjadi
masalah heterokedastisitas dalam model regresi.
Kesimpulan yang diperoleh yaitu EWOM (Electronic Word Of Mouth)
berpengaruh terhadap keputusan pembelian, kepercayaan konsumen berpengaruh
terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: Electronic Word Of Mouth, Kepercayaan Konsumen, Keputusan
Pembelian