Abstract :
Pemasaran merupakan proses yang dilakukan guna memenuhi kebutuhan dan
memperoleh keuntungan dengan menciptakan dan bertukar produk dengan pihak
lain maupun menyalurkan produk atau jasa mulai dari produsen hingga ke tangan
konsumen. Demikian maka, pemasaran selalu berorientasi pada bagaimana cara
menciptakan barang dan jasa agar dapat memberikan nilai kepuasan konsumen
sehingga berminat untuk membeli produk dan jasa yang ditawarkan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan
terhadap keunggulan bersaing pada sentra industri tempe Bagusari di Lumajang.
Selanjutnya, untuk mengetahui variabel mana yang paling berpengaruh terhadap
keunggulan bersaing pada sentra industri tempe Bagusari di Lumajang. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data yang
diperoleh dalam penelitian ini didapatkan dari para pelaku sentra industri tempe
Bagusari di Lumajang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan
nonprobability sampling yakni accidental sampling dengan jumlah responden
sebanyak 44 responden. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menyebarkan
kuesioner yang dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.
Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel orientasi pasar
tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keunggulan bersaing.
Kemudian variabel orientasi kewirausahaan memiliki pengaruh positif yang
signifikan terhadap keunggulan bersaing.