Abstract :
Sekarang ini, kebiasaan berbelanja di e-cormmer (toko online) sudah menjadi
stayle hidup kalangan masyarakat. Semakin banyak kebutuhan seseorang maka
semakin banyak toko online yang bermunculan sehingga juga membutuhkan jasa
pengirirman barang. Fenomena yang terjadi pada JNE cabang Lumajang, yakni
kerapkali pelanggan mendapatkan permasalahan dalam pelayanan sehingga
membuat adanya keluhan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh kualitas pelayanan terhadap keluhan pelanggan JNE Cabang Lumajang.
Jenis penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan adalah
data primer dan sekunder. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang yang
diambil dengan teknik Accidental Sampling. Analisis data yang digunakan
menggunakan analisis sederhana. Hasil uji secara parsial (uji t) menunjukkan
bahwa kualitas pelayanan memiliki hasil positif yang berpengaruh signifikan
terhadap keluhan pelanggan pada pengguna Jasa JNE Cabang Lumajang.