Abstract :
Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya fenomena yang terjadi pada
pemancingan Suko Kecamatan Lumajang yang sudah berdiri selama 22 tahun dari
tahun 1999 yang mengalami peningkatan, pemancingan ini sudah memiliki 18
petak pemancingan dengan penghasilan yang sangat besar pertahunnya dan
pemancingan ini merupakan pemancingan terbesar yang berada di kecamatan
lumajang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga,
lokasi, promosi, orang, proses dan sarana fisik terhadap pengambilan keputusan
terhadap konsumen pengguna jasa di pemancingan suko. Penelitian ini dilakukan
pada konsumen pengguna jasa pemancingan suko dengan jumlah sampel 80
responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purpose sampling,
dengan kriteria responden yang telah menggunakan jasa di pemancingan tersebut
minimal dua kali. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi
linier berganda yang menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini
mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan secara parsial
pada variabel produk, harga, lokasi, orang dan sarana fisik terhadap pengambilan
keputusan, untuk variabel promosi dan proses berbengaruh signifikan. Kemudian
secara simultan variabel produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses dan sarana
fisik berpengaruh secara simultan terhadap pengambilan keputusan.