Institusion
Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
Author
Pricilia Bilogo, Difta Putri
Subject
HC Economic History and Conditions
Datestamp
2021-12-27 02:34:03
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada satuan Kerja
Perangkat Daerah (SKPD) Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang. Jenis
penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan adalah data
primer menggunakan kuisioner. Sampel penelitian merupakan responden yang
berjumlah 82 orang. Variabel dependen adalah kepuasan masyarakat dengan 8
indikator. Dan variabel independen dalam penelitian ini adalah dimensi kualitas
pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance,
empathy, dengan masing-masing 4 indikator untuk responsiveness, tangible,
assurance dan 5 indikator alat ukut untuk reliability dan empathy. Analisis data
yang digunakan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa tangible, reliability, dan responsiveness tidak berpengaruh
terhadap kepuasan masyarakat, sedangkan assurance dan empahty berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan masyarakat pada Satuan Kerja Perangkat Daerah
(SKPD) Kecamatan Jatiroto.