Institusion
Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
Author
Putri Sucipto, Ajeng Ajrina
Subject
H Social Sciences (General)
Datestamp
2019-10-16 11:02:59
Abstract :
Kesehatan merupakan kebutuhan dasar manusia untuk dapat hidup layak dan
produktif, untuk itu di perlukan penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang
terkendali kualitasnya. Untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, banyak
hal yang perlu diperhatikan. Salah satu di antaranya yang di pandang mempunyai
peranan yang cukup penting yakni penyelenggaraan di puskesmas.Tujuan dalam
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan yang
terdiri dari tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty secara
parsial maupun simultan signifikan terhadap kepuasan pasien peserta BPJS
kesehatan di Puskesmas Labruk Kidul Kabupaten Lumajang. Responden
berjumlah 60 orang yang melakukan pengobatan atau berkunjung di Puskesmas
Labruk Kidul Kabupaten Lumajang. Dengan menggunakan teknik analisi regresi
linier berganda hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dari variabel
tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty hanya promosi yang
berpengaruh terhadap keputusan pembelian jamu Herbal Bio7 di Lumajang.
Sedangkan secara simultan variabel Marketing Mix yang meliputi produk, harga,
promosi dan saluran distribusi menunjukkan semua variabel berpengaruh secara
simultan. Dengan nilai koefisien determinasi 39.3% keputusan pembelian dapat
dijelaskan oleh variabel independen yaitu produk, harga, promosi dan saluran
distribusi sedangkan sisanya yaitu 60.7% keputusan pembelian dipengaruhi oleh
variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini