Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dimensi dalam kualitas
pelayanan yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty
berpengaruh terhadap kepuasan peserta didik di SMK Keperawatan Muhamadiyah
Lumajang dan menganalisis faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi
kepuasan peserta didik di SMK Keperawatan Muhmadiyah Lumajang. Populasi
dalam penelitian ini adalah peserta didik SMK Keperawatan Muhamadiyah
Lumajang. Sampel yang diambil sebanyak 60 responden dengan menggunakan
teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan Accidental sampling, yaitu
teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa yang kebetulan
bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel jika dipandang cocok. Berdasarkan
hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = 0,952 + 0,174 X1
+ 0,010 X2 + 0,0206 X3 + 0,430 X4 + 0,150 X5. Berdasarkan analisis data statistik,
indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat
reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, tidak
terjadi heteroskedastisitas, dan berdistribusi normal. Urutan secara individu dari
masing-masing variabel yang paling berpengaruh adalah variabel assurance dengan
koefisien regresi sebesar 0,430, lalu tangible dengan koefisien regresi sebesar 0,147,
kemudian diikuti dengan responsiveness dengan koefisien regresi sebesar 0,206, dan
reliability dengan koefisien regresi sebesar 0,430 sedangkan variabel yang
berpengaruh paling rendah adalah emphaty dengan koefisien regresi sebesar 0,150.
SMK Keperawatan Muhamadiyah Lumajang perlu mempertahankan elemen-elemen
yang sudah dinilai baik oleh peserta didik serta perlu memperbaiki hal-hal yang
masih kurang