Abstract :
Pemasaran merupakan ujung tombak bagi setiap perusahaan, untuk tetap bertahan
perusahaan harus mempunyai strategi khusus dalam memasarkan produknya.
Perusahaan harus mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi konsumen
dalam pengambilan keputusan pembelian produk. Salah satu upaya yang dapat
dilakukan perusahaan dalam memasarkan produknya adalah dengan
menggunakan strategi bauran pemasaran (marketing mix) untuk mempengaruhi
saluran perdagangan dan juga konsumen akhir perusahaan. Tujuan dalam
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Marketing Mix (produk, harga, promosi
dan saluran distribusi) secara parsial maupunn simultan signifikan terhadap
keputusan pembelian jamu Herbal Bio7 di Lumajang. Responden berjumlah 50
orang yang melakukan pembelian produk Bio7. Dengan menggunakan teknik
analisi regresi linier berganda hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial
dari variabel Marketing Mix yang meliputi produk, harga, promosi dan saluran
distribusi hanya promosi yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian jamu
Herbal Bio7 di Lumajang. Sedangkan secara simultan variabel Marketing Mix
yang meliputi produk, harga, promosi dan saluran distribusi menunjukkan semua
variabel berpengaruh secara simultan. Dengan nilai koefisien determinasi 39.3%
keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu produk,
harga, promosi dan saluran distribusi sedangkan sisanya yaitu 60.7% keputusan
pembelian dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam
penelitian ini.