Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan atau studi komparatif atas produk
smartphone Samsung dan Evercoss.Perbandingan dilakukan dengan menggunakan
ukuran bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, place, promotion, people,
process, dan customer service dengan menggunakan konse plean six sigma untuk
bisa menyimpulkan persepsi, harapan dan kepentingan masyarakat yang bisamenjadi
masukan perbaikan yang sangat berharga bagi penjualan produk smartphone
Samsung dan Evercoss maupun bagi promotor Samsung dan Evercoss di Kabupaten
Lumajang.Responden yang digunakan adalah 60 orang, yaitu 30 orang pengguna
Samsung dan 30 orang pengguna Evercoss. Hasil penelitian menunjukkan
smartphone Samsung lebih unggul dalam produknya yang memiliki fitur yang
canggih, menarik, daya tahan yang bagus, bergaransi dan rasa bangga memilikinya,
prioritas perbaikan smartphone Samsung pada outlet yang memberikan potongan
harga serta dari promosi langsung yang dilakukan promotor di outlet. Untuk
smartphone Evercoss unggul pada harganya yang terjangkau dan outletnya yang
berada dilokasi strategis sehingga mudah ditemukan, prioritas perbaikan smartphone
Evercoss adalah daya tahan produknya yang bagus, produk mempunyai mutu yang
terbaik, produk teruji kualitas dan keunggulan produknya dibandingkan dengan
produk pesaingnya,produk memiliki fitur yang canggih, pengguna produk bisa
merasa bangga memilikinya.Perbandingan keunggulan smartphone Samsung adalah
pada produknya, sedangkan smartphone Evercoss pada harga dan outletnya.Prioritas
perbaikan smartphone Samsung adalah potongan harga dari outlet serta dari aspek
promosi, sedangkan smartphone Evercoss adalah dari aspek produknya.