Abstract :
Inti dari pariwisata adalah pengembangan dan pengalaman kunjungan dalam
melakukan perjalanan wisata. Dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang
pengalaman berwisata, penekanan pada isu-isu manajemen dibutuhkan terutama
yang berhubungan dengan memberikan informasi-informasi ini kepada
pengunjung pada destinasi wisata tertentu. Penelitian ini adalah studi formal
pertama yang secara komprehensif membahas kontribusi electronic word of
mouth pada keputusan kunjungan wisatawan.
Studi ini dimaksudkan untuk memberikan kerangka yang akan membantu
mengidentifikasi dan lebih memahami tentang mana diantara dimensi electronic
word of mouth yang memiliki efek paling penting dalam mempengaruhi
keputusan kunjungan wisatawan. Dengan menggunakan simple random sampling,
penelitian berfokus pada 40 turis atau wisatawan sebagai sampel yang telah
mengunjungi objek wisata Air Terjun Tumpak Sewu Sidomulyo Pronojiwo
Lumajang selama bulam April hingga Mei 2017.
Dengan menggunakan analisis regresi linier berganda sebagai metode
statistik, temuan studi mengungkapkan variabel concern for other, expressing
positive feeling, dan helping the company terhadap keputusan kunjungan
wisatawan. Dari variabel tersebut expresing positive feeling berpengaruh secara
signifikan terhadap keputusan kunjungan wisatawan. Variabel concern for other,
expressing positive feeling, dan helping the company memiliki pengaruh secara
simultan terhadap keputusan kunjungan wisatawan. Penelitian selanjutnya harus
berusaha untuk mengakomodasi temuan ini dan mereplikasi model konseptual
untuk dapat diuji dalam konteks dari tujuan wisata lainnya.