Institusion
Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
Author
Dewi Rahmawati, Ayu Febriyanti
Subject
HB Economic Theory
Datestamp
2021-01-25 10:11:20
Abstract :
Teknologi memainkan peran yang besar terhadap preferensi pelanggan atas merek.
Platform internet dan media sosial menjadi media pemasaran yang kuat dan efektif
dalam penyebaran informasi, termasuk berbagi pengalaman yang langsung
terhubung antar pelanggan secara online. Tinjauan terhadap studi sebelumnya
menunjukkan bahwa keputusan pembelian produk dapat dicapai dengan
menggunakan pemasaran electronics word of mouth dan kepercayaan. Temuan ini
kemudian mengarahkan penelitian ini dalam memberikan bukti empiris, berkaitan
dengan variabel pengaruh electronics word of mouth dan kepercayaan terhadap
keputusan pembelian produk fashion di Shopee pada kalangan masyarakat
Lumajang. Penelitian ini menggunakan data primer yang didistribusikan kepada 60
konsumen Shopee. Hasil data yang diperoleh dianalisis melalui SPSS dan hipotesis
diuji dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil uji
hipotesis electronics word of mouth dan kepercayaan secara parsial maupun
bersamaan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, diikuti dengan hasil
uji koefisien determinasi pada nilai R square sebesar 47,3%. Artinya bahwa
electronics word of mouth dan kepercayaan mempengaruhi keputusan pembelian
sebesar 47,3% sedangkan sisanya ditunjukkan oleh nilai estimasi error yaitu 52,7%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.