Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah
Author
Wahyu Rizka Yolanda, Putri
Subject
RT Nursing
Datestamp
2022-07-05 03:08:38
Abstract :
ABSTRAK
Preseptor merupakan perawat profesional berpengalaman di klinik yang bekerja
bersama-sama dengan preceptee dan memiliki kemampuan membimbing
mahasiswa keperawatan. Kompetensi preseptor kurang optimal dikarenakan
jumlah perawat yang mempunyai kualifikasi sebagai preseptor minim, jumlah
preceptee tidak sebanding dengan preseptor, keterbatasan waktu dalam
melakukan bimbingan, serta keterbatasan sarana prasarana dalam proses
bimbingan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kompetensi
preseptor KMB di wahana pembelajaran klinik RSPAL Dr. Ramelan Surabaya.
Desain penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan rancangan
penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini adalah preceptee KMB di
RSPAL dengan jumlah 134 orang. Teknik sampling menggunakan probability
sampling dengan simple random sampling. Perhitungan besar sampel
menggunakan rumus Slovin, sampel penelitian ini sebanyak 100 responden.
Variabel penelitian ini adalah kompetensi preseptor. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan analisa univariat dengan
deskriptif kategorik.
Hasil penelitian menunjukkan kompetensi klinik, kepemimpinan, perilaku
profesional dan etika semua memiliki kompetensi baik yaitu 100 responden
(100%). Kompetensi pengetahuan, keterampilan mengajar, hubungan
interpersonal dan komunikasi serta karakteristik personal mayoritas memiliki
kompetensi baik yaitu 99 responden (99%). Kompetensi kemudahan konsultasi
mayoritas memiliki kompetensi baik yaitu 94 responden (94%).
Pelatihan preseptorship dapat meningkatkan kompetensi preseptor sehingga
tercipta suasana belajar yang representatif dan kualitas bimbingan meningkat.
Caranya dengan mendapatkan dukungan dalam kegiatan preseptorship.
Kata Kunci : Pembelajaran Klinik, Preseptor, Preceptee, Pembelajaran
Dewasa, Persepsi