Abstract :
Pembelajaran daring adalah pembelajaran ?dalam jaringan?. Pembelajaran daring
yang dilaksanakan ketika pandemic saat ini dapat menyebabkan stres pada
mahasiswa. Stres yang dialami mahasiswa dalam proses pembelajaran disebut
dengan stres akademik. Tujuan dari dilakukan penelitian ini adalah menganalisis
atau mengidentifikasi hasil-hasil bukti ilmiah yang telah diteliti oleh peneliti
sebelumnya terkait faktor penyebab stres akademik di kalangan mahasiswa terkait
pembelajaran daring.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Literature Review dengan menggunakan
diagram prisma. Pencarian jurnal diperoleh melalui database pubmed, portal
garuda, dan google scholar. Kata kunci yang digunakan adalah ?stres akademik?,
?mahasiswa?, dan ?pembelajaran daring?.
Hasil dari penelitian diperoleh 46 jurnal dari seluruh jurnal yang sesuai dengan
tema dan kriteria inklusi kemudian dilakukan Literature Review sesuai dengan
hasil Critical Appraisal yang telah dilakukan didapatkan 10 jurnal yang akan
dianalisis 5 jurnal nasional dan 5 jurnal internasional. Dari 10 jurnal didapatkan
hasil faktor penyebab stres akademik disebabkan oleh beberapa faktor yaitu usia,
jenis kelamin, keyakinan, motivasi, kondisi lingkungan, kondisi jaringan, beban
tugas berlebih, kesulitan memahami materi, dan faktor biaya.
Pembelajaran daring saat ini membuat mahasiswa mengalami stres ketika
mengikuti proses belajar. Hasil dari beberapa faktor penyebab stres akademik
mayoritas stres disebabkan oleh beban tugas berlebih dan kondisi jaringan yang
kurang.
Kata kunci : pembelajaran daring, stres akademik, faktor, mahasiswa