Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah
Author
CINDY, APRILIA PUSPITA SARI
Subject
RT Nursing
Datestamp
2022-10-31 02:13:22
Abstract :
Perilaku agresif menjadi salah satu permasalahan yang dialami oleh anak usia
sekolah yang kian meningkat. Perilaku agresif sendiri yaitu suatu tindakan untuk
melukai orang lain baik secara fisik maupun verbal. Penelitian ini untuk
mengetahui adanya Hubungan Lingkungan Teman Sebaya dan Bermain Game
Online yang Mengandung Unsur Kekerasan dengan Perilaku Agresif pada Siswa
Kelas IV dan V di SDN Sememi 1 Surabaya.
Penelitian menggunakan desain Observasional analitik dengan pendekatan cross
sectional. Pengambilan data menggunakan google form, jumlah populasi 224
orang dengan sampel 144 responden siswa menggunakan teknik Probability
Sampling dengan menggunakan proporational stratified random sampling.
Analisis data menggunakan uji korelasi Spearman.
Hasil penelitian ini melalui uji Spearmen?s Rho menunjukkan hasil pertama ada
hubungan lingkungan teman sebaya dengan perilaku agresif dengan nilai ? value
0.007 (? < 0.05). Hasil kedua, tidak ada hubungan game online yang mengandung
unsur kekerasan dengan perilaku agresif dengan nilai ? value 0.180 (? > 0.05).
Siswa yang mempunyai karakteristik lingkungan teman sebaya yang baik dan
intensitas bermain game online yang rendah akan memungkinkan anak memiliki
sikap dan perilaku yang baik, sehingga bisa meminimalisirkan perilaku agresif
pada anak. Hal ini dikarenakan lingkungan yang buruk dan intensitas bermain
game online yang tinggi dapat mempengaruhi perilaku. Implikasi penelitian ini
diharapkan agar siswa memilih teman dengan bijak dan diharapkan untuk mencari
game online yang lebih menyenangkan agar terhindar dari perilaku agresif.
Kata kunci : Lingkungan Teman Sebaya, Game Online, Perilaku Agresif
Anak Usia Sekolah.