HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN
ULANG PASIEN RAWAT JALAN UMUM
DI PUSKESMAS BARENG Total View This Week0
Institusion
STIKES Panti Waluya Malang
Author
VINA, LUSIA
Subject
RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Datestamp
2023-09-11 06:31:26
Abstract :
Puskesmas sebagai Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) yaitu unit organisasi
yangdiberikan kewenangan kemandirian oleh Dinas Kesehatan Kabupaten untuk
melaksanakan tugas-tugas teknis operasional pembangunan kesehatan di wilayah
kecamatan. Puskesmas terdapat enam pokok upaya kesehatan yang wajib
diselenggarakan oleh setiap Puskesmas yang ada di wilayah Indonesia.Puskesmas harus
meningkatkan mutu pelayanan di Puskesmas. Mutu pelayanan yang baik akan
memberikan kepuasan kepada pelanggan dan pelanggan akan melakukan kunjungan
ulang dan merekomendasikan pelayanan kesehatan tersebut pada orang di sekitarnya.
Mutu pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan pada pelanggan yang pada
akhirnya pelanggan akan memanfaatkan ulang dan merekomendasikan pelayanan
kesehatan tersebut pada orang di sekitarnya. Sehingga mempengaruhi pengambilan
keputusan pembelian ulang yang nantinya akan mempengaruhi ucapan konsumen tentang
pelayanan yang diberikan.Jenis metode penelitian yang digunakan adalah analisis
kuantitatif dengan pendekatan Cross sectional yang menggambarkan hubungan mutu
pelayanan dengan minat kunjungan ulang di Puskemas Bareng.Dan dari hasil penelitian
di simpulkan ada hubungan antara mutu pelayanan terhadap minat kunjungan ulang
pasien rawat jalan umum di Puskemas Bareng
Kata Kunci : Puskesmas, mutu pelayanan,minat kunjungan ulang