Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapanmodel pembelajaran curah pendat untuk meningkatkan prestasi belajar.siswa tentangpelajaran ppkn. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK(Penelitian Tindakan Kelas) dengan Desain hasil postessiswa. Penelitian ini dilakukan di MTs Miftahul ulum kabupaten Nganjuk, Jawa timur Penelitian ini dilakukan selama 2 kali atau 2 siklus pertemuan. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yaitu berjumlah 26 siswa. Kelas VII adalah kelas yang diajarkan dengan Model pembelajaran curah pendapat, Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Berdasarkan analisis hipotesis data Postes yang dilakukan pada saat pra siklus rata-rata nilai 61 padasiklus 1 rata-rata nilai 75 dan pada siklus 2 rata-rata nilai7, sehingga hipotesis. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapatpeningkatan padapenerapan model pembelajaran curah pendapatPPKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi ppkn model pembelajaran curah pendapat kabupaten Nganjuk.