DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Total View This Week38
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Suci, Wulan
Ayuningtyas, Nurina
Dhewy, Risdiana Chandra
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2019-07-24 07:02:54 
Abstract :
Model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) merupakan sebuah model pembelajaran yang menggabungkan ketiga gaya belajar yang dimili oleh setiap orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar siswa pada kelas VIII-B SMP Negeri 3 Porong sejumlah 30 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar terhadap model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) pada pokok bahasan prisma. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang terdiri dari 2 kali pertemuan pembelajaran dan 1 kali pertemuan untuk evaluasi hasil belajar siswa. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Shoot Case Study. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik kemudian dilanjutkan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung (3,510) > ttabel (2,048) sehingga H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar siswa secara signifikan. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo