Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif
tipe Formulate, Share, Listen and Create (FSLC) terhadap hasil belajar siswa. Metode
penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam
penelitian ini adalah One Shoot Case Study. Penentuan sampel dilakukan dengan random
sampling. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al-Islam Krian sehingga diperoleh sampel
kelas VII A SMP Al-Islam Krian dengan menerapkan materi Segiempat. Variabel bebas
dalam penelitian ini adalah pemberian model pembelajaran kooperatif tipe FSLC.
Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas VII A SMP Al-Islam
Krian. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar
tes. Lembar soal tes yang digunakan dalam penelitian ini berupa 4 butir soal uraian
mengenai materi Segiempat. Validasi dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi
guru dan siswa, lembar tes, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hasil analisis data
menggunakan 2 tahap yaitu uji asumsi klasik dan analisis regresi linier sederhana. Hasil
perhitungan thitung pada taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung ˃ ttabel (3,764 ˃ 2,048)
sehingga H0 ditolak. Dengan demikian hasil keputusan uji hipotesis secara parsial
menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Formulate, Share,
Listen and Create (FSLC) terhadap hasil belajar siswa secara signifikan.