Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh nilai utilitas terhadap
kepuasan pelanggan dan dampaknya terhadap niat pembelian ulang, untuk
menjelaskan pengaruh nilai hedonis terhadap kepuasan pelanggan dan
dampaknya terhadap niat pembelian ulang, untuk mengetahui pengaruh nilai
utilitas terhadap niat pembelian ulang dan nilai hedonis terhadap niat pembelian
ulang
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori nilai pelanggan
sebagai dasar dari variabel nilai hedonis dan nilai utilitas yang merupakan nilainilai
yang memotivasi pelanggan untuk memenuhi kebutuhan, teori kedua adalah
kepuasan pelanggan, dan teori ketiga adalah niat pembelian ulang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menggunakan jenis penelitian explanatory research atau penelitian penjelasan,
dengan sampel sebanyak 141 orang dengan populasi yang tidak diketahui
jumlahnya. Hasil perhitungan sampel didapatkan dari perhitungan menggunakan
rumus Machin&Champbell. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah analisis Structural Equation Model (SEM)
Hasil yang didapatkan melalui analisis yang telah dilakukan adalah nilai
utilitas berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar
58,5%. Nilai hedonis berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan
sebesar 34,9%. Nilai utilitas berpengaruh secara tidak signifikan terhadap niat
pembelian ulang sebesar 0,16%. Nilai hedonis berpengaruh secara tidak signifikan
terhadap niat pembelian ulang sebesar 0,92%. Kepuasan pelanggan berpengaruh
secara signifikan terhadap niat pembelian ulang sebesar 86,9%. Sehingga
kesimpulan yang didapatkan adalah nilai utilitas dan nilai hedonis berpengaruh
secara signifikan terhadap niat pembelian ulang bila melalui kepuasan pelanggan,
dan berpengaruh secara tidak signifikan apabila tidak melalui kepuasan
pelanggan.