DETAIL DOCUMENT
Analisis Kesalahan Perubahan Verba Bentuk ~Masu Ke Dalam Verba Bentuk ~Te Imasu Pada Siswa Kelas XI Bahasa SMAN 1 Bangil Tahun Ajaran 2011/2012.
Total View This Week0
Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Kurniasari, Deasy
Subject
495.6 Japanese 
Datestamp
2021-10-17 06:01:43 
Abstract :
Latar belakang timbulnya penelitian ini berdasar pada aturan perubahan verba bentuk ~te imasu dari verba bentuk ~masu yang merupakan dasar dari perubahan verba yang sangat penting untuk dipelajari bagi pembelajar bahasa Jepang. Namun kenyataannya pembelajar bahasa Jepang sering mengalami kesulitan dalam mengubah verba bentuk ~te imasu dari verba bentuk ~masu , sehingga penelitian ini mengambil judul "Analisis kesalahan perubahan verba bentuk ~Masu ke dalam verba bentuk ~Te Imasu Pada Siswa Kelas XI Bahasa SMAN 1 Bangil Tahun Ajaran 2011/2012 " . Berdasarkan latar belakang timbulnya tersebut maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah bentuk kesalahan yang terjadi dalam mengubah verba bentuk ~masu ke dalam verba ~te imasu pada siswa kelas XI Bahasa SMAN 1 Bangil tahun ajaran 2011/2012? (2) Apakah yang menyebabkan terjadinya kesalahan dalam merubah verba bentuk ~masu ke dalam verba ~te imasu pada siswa kelas XI Bahasa SMAN 1 Bangil tahun ajaran 2011/2012? Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif dan Deskriptif Kuantitatif, yaitu mendeskripsikan penyebab kesalahan perubahan verba bentuk ~te imasu dari verba bentuk ~masu pada siswa kelas XI Bahasa SMAN 1 Bangil tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesalahan perubahan verba bentuk ~te imasu dari verba bentuk ~masu pada siswa kelas XI bahasa adalah kesalahan pemakaian aturan verba yang tidak sesuai. (2) Penyebab kesalahan perubahan verba bentuk ~te imasu dari verba bentuk ~masu pada kelas XI bahasa adalah (a) Tidak bisa membedakan verba golongan I dan verba golongan II, (b) Tidak memahami aturan perubahan verba dengan baik, (c) Tidak menguasai verba bentuk ~masu, (d) Kurang ketelitian. 
Institution Info

Universitas Brawijaya