Abstract :
Penelitian ini menganalisis pengaruh langsung gaya kepemimpinan,
motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru.Selain itu, penelitian ini
juga menganalisis pengaruh tidak langsung gaya kepemimpinan terhadap kinerja
guru melalui motivasi guru dan disiplin kerja guru. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi kerja dan
disiplin kerja terhadap kinerja guru pada SMK Puspa Bangsa Kecamatan Cluring
Kabupaten Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan data penelitian berupa kuesioner.Jumlah
sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 70 responden guru yang bekerja di
SMK Puspa Bangsa.Penelitian ini menggunakan teknik random sampling/ sensus
dimana semua guru menjadi populasi dalam penelitian ini dan menjadi sampel
dalam penelitian ini.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah SPSS untuk Windows version 23.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
pada pengaruh langsung gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru dan
pengaruh langsung motivasi kerja dan disiplin kerja guru terhadap kinerja guru
serta ada pengaruh signifikan secara tidak langsung antara pengaruh gaya
kepemimpinan terhadap kinerja guru melalui motivasi guru dan pengaruh tidak
langsung antara pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru melalui
disiplin kerja guru.Hal ini menunjukkan bahwa jika pimpinan sekolah menaruh
fokus yang besar pada pemenuhan motivasi kerja dan disiplin kerja guru dalam
artian pimpinan peka terhadap kebutuhan akan guru makakinerja yang dihasilkan
olehp ara guru akan semakin tinggi dan kepercayaan akantimbul dalam diri para
guru. Padasisi lain dengan penerapan gaya kepemimpinan yang ada bawahan
akan merasa dipercaya, dihargai, loyal dan respek kepada pimpinannya. Pada
akhirnya bawahan akan merasa nyaman dan termotivasi untuk melakukan lebih
dari yang diharapkan.