Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa: (1) inovasi pengembangan
wisata Kota Batu melalui City Branding “Shining Batuâ€, (2) faktor pendukung
dan faktor penghambat dalam inovasi pengembangan wisata Kota Batu melalui
City Branding “Shining Batuâ€.
Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Sumber data dalam penelitian ini meliputi: (1) informan, (2) peristiwa, dan (3)
dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis Miles
dan Huberman (2014) yang meliputi: (1) pengumpulan data (2) kondensasi data,
(3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) konsep inovasi City Branding
Shining Batu lebih menggambarkan Kota Batu dan mengenalkan kepada
wisatawan bahwa Kota Batu ini memiliki pariwisata yang edukatif dimana
pariwisata digabungkan dengan pendidikan dan pertanian, (2) wisata di Kota Batu
memiliki karakteristik yang sesuai dengan dengan City Branding Shining Batu
yang digagas oleh pemerintah Kota Batu memiliki tiga aspek atau karakter yang
meliputi pendidikan, pariwisata, dan pertanian. (3) City Branding Shining Batu ini
berada pada inovasi dalam strategi atau kebijakan mengacu pada visi dan misi
Kota Batu. Kemajuan teknologi juga mendorong pemerintah Kota Batu untuk
membuat aplikasi Shining Batu, dimana aplikasi ini memberikan informasi terkait
Kota Batu seperti wisata, penginapan, dan kuliner.
Rekomendasi yang dapat peneliti ajukan terhadap Pemerintah Kota Batu
serta pihak yang memiliki kewenangan utamanya Dinas Pariwisata dan
Kebudayaan Kota Batu, sebaiknya meningkatkan promosi City branding Shining
Batu dengan menggunakan cara-cara yang baru dan kreatif serta meminimalisir
hambatan yang ada. Hal ini bertujuan agar kota Batu lebih terkenal dan daya tarik
wisata akan lebih meningkat tiap tahunnya.