Abstract :
Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya permasalahan mengenai
penyelenggaraan pelayanan publik dokumen kependudukan. Permasalahan tersebut
yakni tidak tercapainya target Dinas Kependudukan dan jauhnya jangkauan wilayah.
Kinerja Dinas Kependudukan perlu dioptimalkan guna mengatasi permasalahan
tersebut.
Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada dua hal: pertama, penyelenggaraan pelayan
publik dengan menggunakan lima hal yang efektif meliputi pemberi layanan, sarana
prasarana, pola pelayanan, pelaksanaan pelayanan serta syarat dan prosedur
pelayanan. Kedua, faktor pendukung dan penghambat. Teknik analisis data
menggunakan teknik analisis model milles, huberman dan saldana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan kependudukan sudah
berjalan cukup baik. Dari beberapa upaya sepeti petugas layanan, sarana prasarana,
pola pelayanan, pelaksanaan layanan serta syarat dan prosedur pelayanan dari Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang sudah baik. Hanya saja masih
terdapat kendala. Salah satunya masih kurangnya komunikasi yang terjalin antara
pihak dinas dengan masyarakat. Beberapa masyarakat kurang memahami syarat dan
prosedur pengajuan dokumen kependudukan.
Saran penelitian ini adalah tetap melakukan sosialisasi, memaksimalkan
program dan penambahan sarana prasarana untuk menjangkau masyarakat yang jauh
guna memaksilkan program Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten
Malang.