Abstract :
Indonesia sedang dalam tahap pembangunan diberbagai jenis infrastruktur.
Pemerintah Indonesia sedang gencar mencari sumber pendapatan Negara melalui
berbagai cara seperti hutang dan tentunya pajak, seperti Pajak Penjualan Barang
Mewah (PPnBM). Pengenaan PPnBM diharapkan dapat mengurangi pola
konsumsi tinggi yang tidak produktif dalam masyarakat. Tujuan penelitian ini
adalah mendeskripsikan tentang penerapan PPnBM atas smartphone dan perilaku
konsumen. Menjelaskan secara parsial pengaruh penerapan PPnBM atas
smartphone terhadap perilaku konsumen.
Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian
deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan
(explanatory research). Sampel penelitian yang digunakan adalah Mahasiswa
Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya berdasarkan
kriteria. Sumber data primer yang digunakan adalah data yang dikumpulkan
secara langsung oleh peneliti melalui penyebaran kuesioner kepada responden.
Sumber data sekunder yang digunakan berasal artikel, internet, jurnal dan literatur
lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
studi kepustakaan dan studi lapangan. Uji instrumen penelitian menggunakan uji
validitas dan reliabilitas. Metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan software yaitu SPSS
(Statistical Package For Social Science) versi 13.0.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif rata-rata variabel X sebesar 3,98
menunjukkan responden setuju terhadap penerapan PPnBM atas smartphone dan
rata-rata variabel Y sebesar 3,92 menunjukkan setuju terhadap perilaku
konsumen. Berdasarkan pada penghitungan analisis regresi linier sederhana, dapat
diperoleh Penerapan PPnBM atas smartphone mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap Perilaku Konsumen. Maka pengujian terhadap hipotesis yang
menyatakan adanya pengaruh Penerapan PPnBM atas smartphone terhadap
variabel Perilaku Konsumen dapat diterima.
Berikut ini saran yang diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak lain.
Mengingat variabel bebas dalam penelitian ini merupakan hal yang sangat penting
dalam mempengaruhi Perilaku Konsumen diharapkan hasil penelitian ini dapat
dipakai sebagai acuan bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian
ini dengan mempertimbangkan variabel-variabel lain yang merupakan variabel
lain diluar variabel yang sudah masuk dalam penelitian ini.