Abstract :
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari
variabel Relationship Marketing terhadap Kepuasan Nasabah dan dampaknya pada
Loyalitas Nasabah pada nasabah tabungan Bank Central Asia Kantor Kas Sawojajar
Kota Malang. Latar belakang dari dilakukan penelitian ini adalah melihat betapa
besar persaingan dalam dunia perbankan sehingga setiap bank harus mampu untuk
menciptakan strategi untuk memberikan kepuasan dan untuk membuat nasabah
menjadi loyal terhadap bank tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing
antara bank yang lain, oleh karena itu peneliti ingin mengetahui pengaruh strategi
relationship marketing terhadap kepuasan nasabah dan dampaknya pada loyalitas
nasabah bank tersebut.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research atau
penelitian penjelasan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner pada 116 responden
yaitu nasabah tabungan Bank Central Asia Kantor Kas Sawojajar Kota Malang
yang berusia minimal 20 tahun, memiliki buku tabungan Bank Central Asia, dan
telah menjadi nasabah Bank Central Asia minimal 2 tahun. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis).
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara variabel Relationship Marketing (X) terhadap Kepuasan Nasabah
(Z) memiliki nilai koefisien beta sebesar 65,7% dan probabilitas sebesar 0,000
(<0,05) . Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Kepuasan Nasabah (Z)
terhadap variabel Loyalitas Nasabah (Y) yang memiliki nilai koefisien beta sebesar
37,8% dan probabilitas sebesar 0,000 (<0,05). Terdapat pengaruh yang signifikan
antara variabel Relationship Marketing (X) terhadap variabel Loyalitas Nasabah
(Y) yang memiliki nilai koefisien beta sebesar 41,4% dan nilai probabilitas 0,000
(<0,05).