Institusion
Universitas Brawijaya
Author
Ramdhani, Alfathir Zufrino
Subject
352.63 Civil service system
Datestamp
2021-10-26 05:11:51
Abstract :
Penelitian dilakukan berdasarkan Kualitas Pelayanan Sistem Informasi
Administrasi Kependudukan (SIAK). Berdasarkan permasalahan kependudukan
yang terjadi, pemerintah berusaha memperoleh data tentang kependudukan di
Indonesia yang akurat untuk membuat pemetaan yang tepat, guna menanggulangi
masalah kependudukan di tingkat nasional maupun lokal. Dimana administrasi
kependudukan juga sangat berpengaruh pada pembangunan suatu daerah. Dengan
banyaknya permasalahan tentang masalah kependudukan akhirnya pemerintah
membuat kebijakan baru untuk menanggulangi masalah administrasi
kependudukan yaitu Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).
Kabupaten Gresik adalah salah satu daerah yang menerapkan Sistem Informasi
Administrasi Kependudukan (SIAK). Permasalahan yang dihadapi Kabupaten
Gresik adalah Kualitas Pelayanan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan
(SIAK). Ditinjau dari permasalahan yang dihadapi maka teori yang sesuai adalah
kualitas pelayanan menurut Tjiptono dalam Hardiansyah (2011:148). Selain itu
juga menurut Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63
Tahun 2003 tentang standar pelayanan publik.
Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif pendekatan kualitatif. Sumber
data diperoleh meliputi: (1) informan, (2) peristiwa, dan (3) dokumen. Analisis
permasalahan pada penelitian ini berdasarkan model interaktif (Miles, Huberman,
dan Saldana, 2014:14) yang meliputi: (1) kondensasi data, (2) penyajian data, dan
(3) penarikan kesimpulan.
Permasalahan yang dihadapi oleh Kabupaten Gresik adalah Kualitas
Pelayanan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan. Kualitas Pelayanan
suatu instansi ditentukan melalui beberapa aspek yaitu prosedur pelayanan,
ketepatan waktu, kejelasan biaya, kompetensi petugas, dan sarana prasarana.
Kualitas Pelayanan Sistem Informasi Administrasi di Kabupaten Gresik bisa
dikatakan cukup baik, tetapi msih ada beberapa sektor yang harus diperbaiki,
yaitu di sektor ketepatan waktu, kompetensi petugas, dan sarana prasarana karena
hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gresik kepada masyarakat.
Peniliti memberikan saran berupa pengembangan di sektor sarana prasarana,
karena hal ini berpengaruh pada kualitas pelayanan, kenyamanan, dan kepuasan
yang didapat oleh masyarakat ketika menggunakan layanan administrasi
kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gresik.