Abstract :
Brand merupakan nama, istilah, tanda, simbol atau kombinasi dari segala hal
yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa penjual atau kelompok
penjual dan untuk melakukan referensi dari barang atau jasa pesaing. Sebuah brand
dapat mengeksrpesikan diri konsumen dan menunjukkan siapa mereka. Brand
sebagai sarana konsumen untuk mengekspresikan diri mereka. Konsumen cenderung
memilih jalan untuk mengekspresikan identitas mereka salah satunya yaitu lewat
konsumsi sebuah brand. Penelitian ini menggali pemaknaan mengenai brand EIGER
sebagai sebuah identitas untuk pendaki gunung. Untuk menggali fenomena terkait
pemaknaan brand, terutama pemaknaan terhadap brand EIGER sebagai sebuah faktor
identitas pendaki gunung peneliti melakukan studi pada komunitas pendaki gunung
yang ada di kota Malang yaitu Komunitas Pendaki Gunung Malang Raya. Penelitian
ini bertujuan menggali pemaknaan terhadap brand EIGER sebagai sebuah identitas
untuk pendaki gunung oleh yaitu Komunitas Pendaki Gunung Malang Raya.
Penelitian ini meggunakan metode model fenomenologi dengan pengumpulan data
melalui observasi non-partisipan dan wawancara mendalam. Pemilihan informan
menggunakan snowball sampling dengan menggunakan empat responden. Serta,
teknik analisis data menggunakan teknik analisis data fenomenologi Van Kaam. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pemaknaan anggota Komunitas Pendaki Gunung
Malang Raya terhadap EIGER sebagai brand untuk mendaki gunung berdasarkan
pada tiga aspek yang didapatkan oleh mereka yaitu aspek pengalaman, fungsi, dan
model. Berdasarkan hasil penelitian seseorang menggunakan produk-produk dari
brand EIGER dapat memberikan sebuah identitas sebagai seseorang penyuka hobi
pendakian gunung.