Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh motivasi
belajar terhadap prestasi belajar.
Penelitian ini merupakan asosiatif dengan bentuk hubungan kausal.
Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa SMAN 1 Pringgasela kelas XI IPS
sebanyak29 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan
metode Clutser sampling. Data diolah menggunakan spss 22.
Hasil peneletian ini menunjukan bahwa motivasi belajar tidak
berpengaruh terhadap prestasi belajar di SMAN 1 Pringgasela. Variabel motivasi
belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar di SMAN 1 Pringgasela ini
dibuktikan dengan nilai koefisien regresi motivasi belajar sebesar 0,065. Nilai t
hitung sebesar 0,903. Hasil diperoleh untuk t table sebesar 2,056. Karena t hitung
> t table (0,903>2,056) maka Ho1 diterima, Ha1 ditolak. Artinya motivasi belajar
tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini juga dibuktikan dari tingkat
signifikansi sebesar 0,374. Karena tingkat signifikasnsi > 0,05 (0,374> 0,05) maka
H01 diterima. Artinya motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar
di SMAN 1 Pringgasela.