Abstract :
Pengaruh penggunaan metode resitasi
terhadap hasil belajar ekonomi di Madrasah Aliyah Al – Wustho Dasan Tapen
pada materi persamaan akuntansi, skripsi prodi ekonomi akuntansi Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas gunung Rinjani (UGR) juni
2013. Berdasarkan hasil observasi dengan siswa kelas XI di Madrasah Aliyah
Alwustho Dasan Tapen diketahui siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran
ekonomi, Untuk mengatasinya peneliti menggunakan metode resitasi. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengetahui pengaruh penggunaan
metode resitasi terhadap hasil belajar ekonomi pada materi persamaan akuntansi
siswa dimana populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI
Madrasah aliyah Al - Wustho sebanyak 31 siswa yang terbagi menjadi dalam 2
(dua) kelas. Dan yang menjadi sampel adalah kelas XI-B sebagai kelas
ekperiment dengan menggunakan metode resitasi dan kelas XI-A sebagai kelas
kontrol dengan menggunakan metode ceramah. Perbedaan perlakuan antara kelas
eksperiment dan kelas kontrol menyebabkan perbedaan hasil belajar ekonomi
pada materi persamaan akuntansi , untuk kelas eksperimen peningkatan hasil
belajar lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Adapun indikator
keberhasilan adalah nilai hasil belajar ekonomi siswa dengan nilai rata – ratalebih
besar 78,25. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
eksperiment instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa free test dan
post tes. Berdasarkan nilai rata – rata siswa kelas eksperimen 7,25 dan kelas
kontrol 61,4.Dari data nilai rata dapat diperoleh uji normalitas data klas
eksperimen dengan nilai X
1 hitung = -1,2 < nilai X1 tabel = 9,49 (dengan derajat
kebebasan 4 dan interval kepercayaan 99%), uji normalitas data kelas kontrol
dengan nilai X2
hitung = 0,7 < nilai X2
tabel = 9,49 (dengan derajat kebebasan 4
dan interval kepercayaan 99%), ini menunjukkan bahwa data yang diperoleh dari
kelas ekperimen dan kelas kontrol tersebar dalam distribusi normal. Analisis data
dilakukan dengan menggunakan uji t (ttes) pada taraf signifikan 5% dengan derajat
kebebaan = 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yang
diajarkan dengan menggunakan metode resitasi dan metode ceramah memiliki
perbedaan, di mana siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode resitasi
memiliki nilai rata-rata kelas (78,25) lebih besar dari pada nilai rata-rata kelas
siswa yang diajarkan dengan mengganakan metode ceramah (61,4). Hasil uji
signifikan menunjukan bahwa nilai t
hitung sebesar (7,2) sedangkan t
tabel sebesar
(2,46), atau thitung > ttabel. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima artinya
terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi yang signifikan antara siswa yang
diajarkan menggunakan metode resitasi dan metode ceramah pada materi
persamaan akuntansi klas XI di Madrasah Aliyah Al – Wustho Dasan Tapen
Tahun pelajaran 2012/2013.