Abstract :
Setiap guru mempunyai cara tersendiri dalam melaksanakan tugas sebagai
pengajar. Strategi guru (pengajar) yang baik dalam proses belajar-mengajar
berguna agar siswa belajar secara efektif, efisien dan mengena pada tujuan yang
diharapkan. Salah satu metode yang dapat diterapkan dalam proses mengajar
adalah metode kulsponsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
penerapan metode pembelajaran kulsponsi terhadap hasil belajar Ekonomi pada
siswa kelas X SMAN 1 Sumbawa Besar tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dimana, populasinya
terdiri dari 94 kelas yaitu kelas A, B, dan C kemudian dua kelas yang dijadikan
kelas sampel yaitu kelas B sebagai kelas kontrol yang diberikan dengan metode
pembelajaran ceramah dan kelas A sebagai kelas eksperimen yang diberikan
dengan metode pembelajaran kulsponsi. Jenis data yang digunakan adalah data
test hasil belajar dengan melakukan dua kali ulangan yaitu ulangan pertama
dilakukan sebelum memulai pembelajaran (pre-test) dan ulangan kedua dilakukan
setelah melakukan pembelajaran (post-test). Data yang diperoleh kemudian
dianalisis dengan menggunakan uji T dengan alasan n>30. Untuk melihat taraf
signifikansi pengaruh penerapan metode kulsponsi digunakan dengan analisis ttest dimana dalam pengujiannya metode kulsponsi (X
1) dan metode ceramah (X
2
)
memperoleh thitung
22,58 lebih besar dari t
tabel
2,000 pada taraf signifikan 5 %
berdasarkan hasil tersebut ada pengaruh penerapan metode pembelajaran
kulsponsi.
Sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh pada kelas eksperimen yang
menggunakan metode kulsponsi (X1
) sebesar 67,636 lebih besar dari pada kelas
kontrol yaitu kelas yang menggunakan metode ceramah(X
2
) sebesar 49,545 hal
ini menunjukkan pembelajaran kulsponsi lebih baik bila dibandingkan dengan
metode pembelajaran ceramah.