Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada dampak penggunaan
kamus visual dan untuk mengetahui tingkat peningkatan di dalam kosakata.
Penelitian ini fokus pada penggunaan kamus visual dalam mengajar kosakata
Bahasa Inggris pada siswa kelas ketujuh di SMP NW WANASABA.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Terdiri dari dua siklus.
Prosedur penelitian di tiap-tiap siklus terdiri dari empat langkah. Diantaranya
perencanaan, tindakan, pengamatan, dan pencerminan. Subjek penelitian terdiri
dari 43 siswa pada kelas ketujuh di SMP NW WANASABA. Instrument
penelitian ini adalah tes yang dianalisa oleh analisis kuantitatif dan lembar
pengamatan dianalisa oleh analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada suatu peningkatan pada kosakata
siswa setelah menggunakan kamus visual. Statemen ini bisa dibuktikan dari nilai
tes kemampuan siswa adalah 6.33, tetapi telah meningkat ke 6.80 siklus yang
pertama dan 7.51 di siklus yang kedua tergolong sukses. Kamus visual bisa
meningkatkan kosakata siswa